Grup

Blogspot dalam versi seluler

By : Mamas Sumarno (Jhaim) Kamis, Oktober 6

Sudah lama sekali saya tidak menulis atau ngeposting diblogspot, karena tangan newbie ini merasa gatal untuk sedikit berbagi ilmu gratis kepada rekan-rekan, kali ini saya mengangkat tema blogspot yang mungkin sudah pada hanya saja saya yang baru ngeh/tau bahwa blogspot sudah dapat diakses melalui HP (handphone) alias versi mobile phone. Selama ini banyak orang beranggapan bahwa hanya platform blog Wordpress yang mempunyai fasilitas plugin blog for mobile version.
Apabila kita menggunakan wordprees kita dapat menginstalkan plugin mobile version ini dengan mudah di blog kita, sehingga pengunjung yang mengakses blog kita lewat perangkat mobile/handphone/opera Mini akan secara otomatis akan melihat tampilan blog yang jauh lebih simple (mobile version) dan memudahkan pengunjung dalam membaca isi konten blog kita. Namun apabila kita menggunakan blogspot, sayangnya kita tidak akan mendapatkan fitur ini. tetapi ada cara agar kita juga bisa membuat blog kita tampil sesuai dengan browser atau hp secara otomatis dengan kata lain sesuai hp. Pada blogger/blogspot sebenarnya sudah tersedia fitur baru untuk ini yang disebut dengan mobile template atau template seluler, namun sayang sepertinya masih banyak sobat blogger yang belum memanfaatkan fitur ini.
Nah supaya blog / blogspot dapat dilihat dalam versi mobile seperti blog saya ini http://ikara-muda.blogspot.com yang sudah dapat diakses / dilihat melalui perangkat mobile (HP atau Smartphone) baik yang ber-OS Java ataupun Android seperti Blackberry, kali ini saya mau share tahapan yang juga bisa dianggap sebagai cara mengubah blogspot menjadi blog mobile, namun kita masih menggunakan cara manualnya. Dibawah ini adalah gambar screenshoot blog ini jika dilihat melalui perangkat selular HP / Smartphone. Sobat dapat juga mengetikkan alamat ini http://ikara-muda.blogspot.com/?m=1 pada address bar browser anda untuk melihatnya.

Begini ceritanya menampilkan blog/blogspot dalam versi Mobile (Mobile Version) :

  1. Sepeti biasa masuk dulu ke dashboard blogger anda.
  2. Pilih Template > Setelan Seluler (Mobile) seperti gambar dibawah ini
  3. Pada bagian Template Seluler (Mobile Template) klik opsi “Ya. Tampilkan template seluler di perangkat seluler” lalu pilih template sesuai selera dan simpan.
  4. Kemudian pada bagian Opsi Pengeposan, isi kotak kosong dengan password atau kata sandi, dan aktifkan opsi "Publikasikan segera Email". Ini adalah alamat email tujuan jika sobat ingin memposting artikel melalui perangkat seluler/HP.
  5. Jika sudah selesai klik Simpan Setelan.
  6. Sobat dapat mencobanya dengan mengetikkan http://nama-blog-anda.blogspot.com/?m=1 pada addres bar browser anda.
Nah sekarang blog anda sudah bias diakses dari seluler, sehingga jika ada para pengguna HP yang menemukan link blog kita saat mereka googling menggunakan browser mobile (biasanya Opera Mini), maka ketika mereka mengklik link blog kita tersebut mereka akan langsung diarahkan ke tampilan template seluler blog kita yang sudah disetting tadi. Sudah paham bukan maksudnya? So, semoga cara membuat blogspot menjadi versi mobile (mobile version) ini bisa berguna untuk mendatangkan tambahan trafik baru ke blog anda. Happy nice blogging !!

0 komentar

arahkan pointer dan masukan kode gambar dalam Komentar

Posting Komentar atau respon anda

Silahkan tulis komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Atau pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Bisa juga pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika Nama/URL menjadi pilihan anda juga bisa, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Dan jika tidak ingin mempublikasikan data anda bisa juga pilih 'Anonim'. (tapi ini sangat tidak disarankan).
====================================== Video post : Memory Cibodas 17 Mei 2007 ======================================